Kenali Cara Cek Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Berat badan ideal ibu hamil

Sudah pahamkah bunda ketika hamil angka berat badan merupakan salah satu yang wajib diberikan perhatian lebih? Berat badan ideal ibu hamil tidak hanya berpengaruh pada kesehatan bumil saja, juga berpengaruh pada kesehatan janin di dalam kandungan. Apakah berat badan bunda di masa kehamilan ini sudah ideal?

Bagi yang belum mengetahui berapa berapa berat badan ideal ibu hamil, di sini kami akan coba menjelaskannya secara detail yaa

Ikuti Cara Ini Untuk Cek Berat Badan Ideal Bumil

Kalkulasi berat badan pada masa kehamilan berbeda pada saat tidak hamil. Sebelum menjaga berat badan di masa kehamilan, bunda harus tahu terlebih dahulu berapa berat badan ideal pada saat bunda tidak dalam kondisi hamil.

Saat bunda tidak hamil, penghitungan berat badan ideal mengacu pada perhitungan body mass index atau dikenal juga dengan istilah BMI. Nah, dari BMI ini, bunda bisa mengetahui apakah berat badan bunda sudah ideal, kurus, atau mengalami obesitas.

Namun pada masa kehamilan, berat badan ideal dicapai dengan memperhatikan berat badan total sampai akhir trimester ketiga. Artinya, berbeda dengan cara menghitung berat badan ideal pada saat tidak hamil.

Dalam perhitungan berat badan ideal ibu hamil nyatanya sekarang ini sudah banyak trik yang perlu anda coba. Namun jangan khawatir, trik untuk mengetahuinya tidaklah sulit. Cara pertama adalah dengan menentukan status BMI seorang wanita sebelum hamil terlebih dahulu. Nah, dari sini, kemudian dokter bisa menentukan berapa kisaran kenaikan badan yang disarankan.

Berikut kami jelaskan kalkulator berat badan ideal ibu hamil agar bunda bisa menghitungnya sendiri.

  • Bumil dengan kategori berat badan rendah (underweight): <18,6 (BMI), kenaikan pada masa kehamilan hanya 12,5 kg hingga 18 kg.
  • Kategori berat badan normal (normal weight): 18,5 hingga 24,9 (BMI), kenaikan pada masa kehamilan 11,5 hingga 16 kg.
  • Kategori kelebihan berat badan (overweight): 25 hingga 29,9 BMI, kenaikan pada masa kehamilan 7 hingga 11,5 kg.
  • Obesitas: >30 (BMI), pada masa kenaikan pada masa kehamilan 5 hingga 9 kg.

Rangkuman Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal

Jika bunda masih bingung berapa kenaikan berat badan ideal untuk ibu hamil, di sini kami punya solusinya. Berikut telah kami rangkum penjelasannya di bawah ini:

  • Ibu hamil pada trimester I: Kenaikan berat badan ideal yaitu 1 hingga 2,5 kg per 3 bulan.
  • Ibu hamil pada trimester II: Kenaikan berat badan ideal yaitu 1,35 kg hingga 0,4 kg per minggu.
  • Ibu hamil pada trimester III: Kenaikan berat badan yaitu 2 kg per bulan. Namun pada trimester ketiga ini, pertambahan berat badan janin rata-rata naik sekitar 200 gram per minggu. Kemudian berat badannya akan bertambah sebanyak 4 hingga 5 kg.

Akan tetapi, di atas bukan menjadi acuan pasti kenaikan berat badan ideal bagi semua ibu hamil. Karena ada pengecualian untuk penggunaan tabel di atas. Contohnya untuk ibu hamil yang mengalami kondisi mual muntah berlebihan hingga tidak bisa makan, atau ibu hamil yang mengandung bayi kembar.

Pada kondisi-kondisi khusus seperti di atas, maka kenaikan berat badan tidak perlu menggunakan tabel di atas. Pedoman kenaikan berat badan untuk ibu hamil yang memiliki kondisi khusus harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar semakin optimal.

Itulah cara mengetahui berat badan ideal ibu hamil dengan tabel sederhana. Setiap ibu hamil pasti bisa menghitungnya karena tergolong sangat mudah sekali dalam penghitungannya. Namun, untuk kondisi-kondisi tertentu, silahkan bunda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.