Faktor yang mempengaruhi krisis moral anak bangsa

Pendidikan moral sangat penting untuk diterapkan di mana saja dan kepada siapa saja. Dengan adanya pendidikan moral, anak akan lebih terarah akan jalan hidupnya. Saat ini moral yang ada pda anak-anak khusunya anak remaja tengah mengalami krisis moral. Berkurangnya unggah-ungguh atau tata krama telah menjamur di kalangan remaja.

Krisis moral ini ternyata tidak hanya berlaku di Indonesia, namun di Negara-negara lainnya juga mengalami krisis moral, tidak terkecuali negara maju seperti Amerika.

Dalam hal ini, pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk meluruskan moral anak bangsa. Sekolah-sekolah tentunya telah memberikan pendidikan moral yang dapat mengentas krisis moral remaja.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi krisis moral anak bangsa:

Budaya Asing

Bagaimanapun juga peran dari budaya asing sangat besar akan moral remaja akhir-akhir ini. Budaya asing tersebut dapat menyebabkan pelanggaran terutama di kalangan remaja.

Lingkungan

Krisis moral ini juga dipengaruhi oleh lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat maupun lingkungan keluarga. Di lingkungan sekolah merupakan kewajiban guru untuk memberikan pendidikan moral pada siswanya, Guru yang baik tentunya akan selalu memantau siswa-siswinya agar berpendidikan moral yang baik.
Begitu pula sebaliknya, lingkungan keluarga merupakan tugas orag tua, dan lingkungan masyarakat tugas dari diri sendiri untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk.

Teman Sebaya

Teman bermain juga dapat mempengaruhi pendidikan moral anak. Tidak semua teman bermainnya dapat memberi dampak positif terhadap kemajuan moral anak, sebaliknya, anak juga mendapat dampak negatif yang tular menular.
Pastikan teman sebaya yang dimiliki anak remaja kita memberi dampak yang positif, sehingga secara tidak langsung dapat menularkan hal yang positif pula.

Sebagai contoh salah satu krisis moral adalah pergaulan antara anak laki-laki dan anak perempuan melewati batas, dan terkesan tidak normal. Itu disebabkan dari kurangnya pendidikan moral yang didapatkan.

Penutup

Kesadaran pendidikan moral sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Dengan pendidikan moral yang baik tentunya akan membentuk karakter yang baik pula, terutama di kalangan remaja.

Dengan moral yang baik orang yang berinteraksi dengan kita secara tidak langsung akan merasa nyaman dan memberi umpan balik yang positif juga.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>