4 Manfaat Hormon Melatonin bagi Tubuh dan Cara Meningkatkannya

melatonin

Melatonin merupakan hormon yang dikenal sebagai hormon tidur. Sebab, tubuh akan memproduksi hormon ini di malam hari, dan produksi akan berhenti saat ada cahaya. meski sering dikaitkan dengan meningkatkan kualitas tidur, nyatanya hormon ini juga mempunyai manfaat yang lainnya bagi tubuh.

Manfaat Hormon Melatonin bagi Tubuh

Secara umum, tugas dari hormon ini adalah membantu mengatur ritme sirkadian dan juga meningkatkan kualitas tidur Anda. Sementara ritme sirkadian merupakn jam biologis tubuh yang berperan dalam mengatur waktu bangun dan tidur. Nah, selain mempunyai fungsi seperti itu, faktanya, hormon tidur juga mempunyai manfaat lain untuk tubuh.

1. Mengatasi Jet Lag

Saat Anda melakukan perjalanan udara melintasi zona waktu, hal ini akan mengganggu ritme sirkadian, atau yang biasa disebut dengan jet lag. Berdasarkan sebuah penelitian, menunjukkan bahwa suplementasi hormon tidur bisa mengurangi efek dari jet lag, khususnya bagi orang yang bepergian melintasi lima atau lebih zona waktu.

2. Mengatasi Insomnia

Selain meningkatkan kualitas tidur, hormon ini juga bisa membantu Anda untuk lebih mudah tertidur. Caranya dengan mengkonsumsi suplemen hormon tidur ini diantara setengah jam hingga dua jam sebelum waktu tidur yang Anda inginkan.

3. Membantu Pekerja Shift Beradaptasi

Meski bekerja shift saat malam hari bisa mengganggu ritme sirkadian, ada beberapa bukti ilmiah yang menganggap bahwa hormon tidur bisa membantu Anda dalam menyesuaikan jadwal tidur Anda yang bekerja di malam hari dan tidur saat siang hari.

4. Mengatasi Delayed Sleep-Wake Phase Syndrome (DSWPD)

Para penderita DSWPD biasanya mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari dan juga bangun di pagi hari. Umumnya, mereka baru bisa memejamkan matanya diantara pukul 2-6 pagi dan terbangun antara pukul 10 pagi hingga 1 siang.

Penderita DSWPD biasanya mempunyai waktu tidur yang kurang. Sehingga aktivitas hariannya akan terganggu. Nah, dalam beberapa penelitian, menunjukkan bahwa pemberian suplemen hormon tidur bisa membantu penderita gangguan ini untuk bisa tidur lebih awal.

Cara Meningkatkan Hormon Melatonin Secara Alami

Meski bisa menggunakan suplemen untuk meningkatkan hormon melatonin di dalam tubuh. Namun, mengkonsumsi suplemen secara terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar hormon tidur di dalam tubuh.

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Hormon Tidur

Mengonsumsi susu di malam hari dipercaya bisa meningkatkan kadar hormon tidur. Ya hal ini memang benar adanya, sebab susu sendiri memang mengandung hormon yang satu ini, meski kadarnya tidak tinggi. Selain susu, vitamin B6 yang dikombinasikan dengan folat, zinc dan magnesium juga bisa meningkatkan plasma hormon tidur.

2. Meditasi

Cara lain untuk meningkatkan hormon tidur adalah melakukan meditasi selama 20 hingga 30 menit sebelum tidur. Meningkatnya kadar hormon tidur saat melakukan meditasi, bisa jadi dikarenakan berkurangnya paparan cahaya saat Anda menutup mata. Oleh sebab itu, hindari bermain ponsel, membuka laptop maupun menonton televisi saat menjelang tidur.

Itu dia beberapa manfaat dari hormon melatonin beserta dengan cara meningkatkan kadar hormon tidur secara alami. Nah, jika Anda tertarik untuk informasi dan tips seputar kesehatan lainnya, Anda bisa membacanya secara langsung di website Orami Magazine, yang menawarkan berbagai informasi dan tips menarik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.